Minggu, 13 Oktober 2019

Pengaruh Smartphone bagi Kehidupan Sosial

Masfufah

Perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi sangat pesat. Salah satu dari perkembangan teknologi dan informasi adalah adanya smartphone. Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan, tidak sedikit masyarakat yang ingin memiliki smartphone.

Saat ini, pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat. Salah satu lembaga riset menyebutkan bahwa Indonesia menempati urutan kelima sebagai negara dengan pengguna smartphone terbesar dunia. Pengguna smartphone saat ini tak hanya hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak usia SD pun sudah banyak yang mahir mengoperasikan smartphone.

Disadari atau tidak, keberadaan smartphone sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, termasuk kehidupan sosial. Dengan adanya smartphone, kita menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi. Kita tidak lagi dibatasi oleh jarak. Karena kita dapat bertukar kabar dengan seseorang yang jauh melalui fitur yang ada di smartphone. Kita bisa bertukar kabar melalui chat, telepon, atau sekarang juga sudah tersedia layanan video call. Berbagai fitur tersebut menjadikan semua terasa dekat dengan kita.

Fitur yang ada di smartphone banyak yang memanfaatkan internet untuk mengaksesnya. Dengan internet, kita dapat mengakses sosial media seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Dengan segala fitur yang disediakan,  para pengguna smartphone semakin merasa harus selalu terhubung dengan internet.

Dengan menggunakan internet manusia merasa bahwa mereka terhubung dengan dunia. Mereka dapat mengetahui segala hal yang terjadi hanya melalui layar selebar 2,5 inchi itu. Bersosialisasipun kini  bisa dilakukan melalui sosial media.

Kita bisa mengetahui aktivitas teman-teman kita melalui akun sosial medianya. Kebanyakan orang meng-upload aktivitasnya di akun sosmed yang ia miliki. Jika dulu sebelum makan kita dibiasakan membaca doa, saat ini sebelum makan kita lebih sering memotret makanan dulu, lalu meng-upload nya ke sosial media. Supaya kekinian katanya. Terlebih jika kita makan di tempat hits. 

Akun sosmed seakan menjadi ajang untuk pamer kekayaan. Orang-orang berlomba-lomba menampilkan yang terbaik di akun sosial medianya. Sampai-sampai melupakan kehidupan sosial yang ada di sekitarnya.

Terkadang, kita menjumpai kelompok-kelompok kecil yang sedang berada dalam satu tempat, namun saling diam karena mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Sibuk bersosialisasi dengan yang jauh namun yang ada di dekatnya terlupakan.

Fenomena ini memang sudah menjadi hal biasa saat ini. Namun, perlu kita sadari bahwa penggunaan smartphone secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan sosial. Orang yang sudah kecanduan Smartphone cenderung menjadi lebih individual. Karena mereka terlalu sibuk dengan urusannya sendiri sehingga sering tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya.

Padahal kita tau, bahwa kehidupan kita yang sesungguhnya adalah yang ada di sekitar kita. Bukan yang ada di depan layar smartphone. Kita boleh saja menggunakan smartphone. Namun, kita juga harus berinteraksi sosial dengan orang-orang yang ada di hadapan kita.

Kehadiran smartphone seharusnya dimanfaatkan secara bijak. Jangan sampai karena smartphone kehidupan sosial kita menjadi rusak. Maka dari itu, gunakanlah smartphone dengan sebaik-baiknya, jangan berlebihan. Salah satu fungsi smartphone memang untuk mempermudah komunikasi jarak jauh. Namun, jangan sampai karena hal itu menyebabkan kita menjadi makhluk yang tidak pedulin dengan lingkungan sekitar.


EmoticonEmoticon